Tugas-Tugas
Perkembangan Siswa
Tugas perkembangan menurut Robert J. Havighurs adalah
sebagian tugas yang muncul pada suatu periode tertentu dalam kehidupan
individu, yang merupakan keberhasilan yang dapat memberikan kebahagian serta
memberi jalan bagi tugas-tugas berikutnya.Tugas-tugas perkembangan
tersebut yaitu :
- Mengembangkan hubungan sosial dengan teman sebaya baik
pria maupun wanita, yatu mampu bekerja sama dalam kelompok, menerima teman
dari lawan jenis, dan tidak memaksakan kehendak pada kelompoknya. Hakikat
Tugas perkembangan ini adalah: (1) belajar melihat kenyataan; (2)
berkembang menajdi orang dewasa diantara orang dewasa lainnya; (3) belajar
bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama; (4) belajar
memimpin orang lain tanpa mendominasinya.
- Melaksanakan peran sosial sebagai pria atau wanita
sesuai dengan norma masyarakat, yaitu mengetahui dan memahami peran sosial
pria atau wanita sesuai norma masyarakat, menerima peran sosial sebagai
pria atau wanita, mau mengerjakan pekerjaan pria atau wanita, dan mampu
mengerjakan pekerjaan pria atau wanita sesuai norma masyarakat. Hakikat
Tugas perkembangan ini adalah bahwa remaja dapat menerima dan belajar
peran sosial sebagai pria atau wanita dewasa yang dijunjung tinggi oleh
masayarakat.
- Menerima keadaan diri dan menggunakannya secara efektif
yaitu menerima keadaan fisiknya, menerima bakatnya, memelihara fisiknya,
mengembangkan bakatnya dan menghargai keadaan dirinya (self-esteem).
Hakikat dari tugas perkembangan ini bertujuan agar remaja merasa bangga
atau bersikap toleran terhadap fisiknya, menggunakan dan memelihara
fisiknya secara efektif, dan merasa puas dengan fisiknya tersebut.
- Memiliki sikap dan perilaku emosional yang mantap yaitu
tidak cepat putus asa, tidak manja, berani mengambil resiko, menyayangi
orang tua dengan tulus dan menghormati guru dengan tulus. Hakikat Tugas.
Tujuannya (1) membebaskan diri dari sikap dan perilaku yang
kekanak-kanakan atau bergantung pada orang tua, (2) mengembangkan afeksi
(cinta kasih) kepada orang tua, tanpa bergantung padanya, dan (3)
mengembangkan sikap respek terhadap orang dewasa lainnya tanpa bergantung
padanya.
- Mempersiapkan ke arah kemandirian ekonomi yaitu penuh
perhitungan dalam membelanjakan uang, berusaha untuk menabung, membantu
pekerjaan orang tua, berusaha agar dapat menyelesaikan sekolah tepat
waktu, memilih kegiatan ekstrakurikuler yang nantinya dapat menghasilkan
nafkah. Hakikat Tugas. Tujuanya adalah agar remaja merasa mampu
menciptakan suatu kehidupan ( mata pencaharian).
- Memilih dan mempersiapkan pekerjaan yaitu mampu memilih
jurusan yang sesuai dengan cita-cita pekerjaannya, mampu memilih kegiatan
ekstrakurikuler yang akan mendukung terhadap cita-cita pekerjaannya,
memahami program studi yang ada di perguruan tinggi yang sesuai dengan
cita-cita pekerjaannya, memahami jenis kursus yang akan mendukung
cita-cita pekerjaannya, dan memahami syarat-syarat yang diperlukan untuk
pekerjaan yang dicita-citakan. Hakikat Tugas. Tujuan (1). Memilih suatu
pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. (2). Mempersiapkan diri, memiliki
pengetahuan dan keterampilan.
- Memiliki sikap yang positif terhadap perkawinan dan
hidup berkeluarga, yaitu menghargai hak dan kewajiban sebagai anggota
keluarga. Hakikat tugas. (1). Mengembangkan sikap positif terhadap pernikahan
dan hidup berkeluarga. (2). Memperoleh pengetahuan yang tepat tentang
pengelolaaan keluarga dan pemeliharaan anak.
- Memiliki keterampilan intelektual dan memahami
konsep-konsep yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik yaitu
mampu membuat pilihan secara sehat, mampu membuat keputusan secara
efektif, dapat menyelesaikan konflik atau masalah lainnya, memahami konsep
hukum, ekonomi, politik yang berlaku. Hakikat Tugas. (1). Mengembangkan
konsep-konsep hukum, ekonomi, politik, geografi, hakekat manusia, dan
lembaga-lembaga sosial. (2). Mengembangkan kemampuan berbahasa dan
kemampuan berpikir.
- Memiliki sikap dan perilaku sosial yang bertanggung
jawab, yaitu berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial di masyarakat,
berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekolah, menolong teman yang
perlu bantuan, menyantuni fakir miskin, menengok teman yang sakit dan
sebagainya. Hakikat Tugas. (1). Berpartisipasi sebagai orang dewasa yang
bertanggung jawab sebagai masyarakat, (2). Memperhitungkan nilai-nilai sosial
dalam tingkah laku dirinya.
- Memahami nilai-nilai dan etikahidup bermasyarakat yaitu
sopan dalam bergaul, jujur dalam bertindak, dan menghargai perasaan orang
lain. Hakikat Tugas. (1). Memebentuk seperangkat nilai yang mungkin dapat
direalisasikan. (2). Mengembangkan kesadaran untuk merealisasikan
nilai-nilai. (3). Mengembangkan kesadaran akan hubungannya dengan sesama
manusia dan alam. (4). Memahami gambaran hidup dan nilai-nilai secara
harmonis dan selaras.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar